Pages

Minggu, 21 Oktober 2012

Jenis-jenis Software Akuntansi


1. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own  Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Kelebihan :
1. User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7. Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.
8. Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
Kekurangan :
1.      Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
2.      Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
3.      Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4.      Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
5.      database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
2. Quick Book 5.0 Enterprise Edition

QB enterprise Edition ini hadir dalam 5 versi :

- Manufacturing & Whole Sale Edition
- Retail Edition
- Professional Edition
- Accountant Edition
- Contractor Edition

Masing-masing edisi di atas berbeda pada jenis rekening dan fungsi utama dalam menu sesuai dengan jenis usaha perusahaan.

QB ini kurang di kenal di Indonesia, padahal fitur dan fungsinya sangat komplit.

Kelebihan :
  • Software buatan amerika ini telah mendukung multi user dan multi currency.
  • Tampilan yang menarik dengan dukungan fitur yang lengkap disertai tutorial dalam bentuk pdf dan video.
  • Format laporan sangat lengkap disertai grafik dan hasil analisa.
  • Fungsi Reminder, Multi departemen, Multi gudang, payroll, multi cabang dengan fasilitas sinkronisasi yang sangat powerfull.
  • Sangat powerfull jika diintegrasikan dengan QB Point of sale, QB Aset Manager.
  • Laporan dan form bisa di ekspor Microsoft Office dan PDF
  • Form dan Laporan bisa di customize sesuai kebutuhan.
  • Digit angka yang banyak, sehingga bisa di aplikasikan pada perusahaan besar.
Kekurangan :
  • -
Untuk keperluan Analisa bisnis, keuangan, dan Akuntansi, nyaris tidak ada kekurangan dalam QB ini. ( mungkin karena aku belum mengeksplorasi seluruh bagian QB ini). Kalaupun ada, mungkin hanya dari sisi keterbatasan bahasa, karena tutorial belum banyak yang membuatnya dalam bahasa Indonesia.

3. Accurate 3.3.0

Accurate 3.3.0 ini sudah dalam bahasa Indonesia, yang merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan dengan banyak pilihan skin, sehingga terkesan modern.

Kelebihan :
  • Kelebihan utamanya hanya pada pilihan Bahasa Indonesia, sehingga bisa familiar dan mudah dipelajari. langsung digunakan.
  • Kemampuan modifikasi form dan laporan
  • Sudah mendukung aplikasi perpajakan di Indonesia.
  • Multi user, Multi Departemen, Multi Gudang, Multi Proyek, dan Multi Currency.
  • Pilihan Skin banyak.
  • Export laporan ke format Microsoft Excel, Notepad, HTML dan PDF
  • Fitur Reminder dan Surat Menyurat telah di dukung
Kelemahan:
·         1. Untuk Harga sangat mahal:
·         a. ACCURATE Standard Rp. 5.000.000, – 2 user(2 komputer)
·         b. ACCURATE Project Rp. 8.000.000, – 2 user (2 komputer)
·         c. ACCURATE Enterprise Rp. 25.000.000, – 5 user (5 komputer)
·         d. ACCURATE Extra Licence Rp. 1.500.000/licence (penambahan komputer)

4. KRISHAND
Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan software database  yang membantu Anda di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan  kebutuhan perusahaan Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
·         Kelebihan :
1.
Cepat dan Akurat

Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan  seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara manual..


2.
Praktis

Dapat mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.


3.
Review setiap saat

Memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.


4.
Up to Date

Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir.


5.
Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu.
·         Kekurangan :
1.      Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2.     Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3.     Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4.     Tidak adanya dukungan komersial.
5.     Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6.     Usabilitas yang masih kurang baik.
7.     Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.


5. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
-          Kelebihannya :
K-System memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System sedang dikembangkan ke Web Based.
-          Kekurangannya :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan perusahaan.

6. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
Kelebihan :
  • Efisien dan mudah digunakan
  • Kemampuan reporting yang kompeten
  • Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
  • Terintegrasi penuh
  • Support Windows dan Linux
  • Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi:
  • General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
  • Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
Kekurangan :
1.      Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
2.      Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3.      Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4.      Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.

7. Zahir Accounting
Adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan development software akuntansi. Software produk kami ditujukan untuk para pebisnis / pedagang yang ingin mengolah usahanya secara rapi dan teratur dalam hasil administrasinya, sehingga dapat mengontrol segala aktivitas yang terjadi pada usahanya. Dilengkapi dengan proses transaksi yang sangat komplit meliputi proses management, stock barang, administrasi gudang, proses barang, proses penjualan dan sampai dengan penyajian laporan keuangan yang, sehingga sangat cocok untuk usaha anda. Nama software akuntansi Kami adalah Zahir Accounting.
Zahir Accounting adalah sebuah program akuntansi berbahasa Indonesia, yang mudah digunakan, berkualitas dan berdaya guna tinggi, dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia
·         Kelebihan:
a. Mudah digunakan oleh non Akuntan
b. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
c. Faktur dan Laporan dapat Didesain
d. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
e. Menggunakan Database Client Server
f. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
g. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
·         Kelemahan:
a. Harga untuk licensinya mahal
b. tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c. Hanya memiliki satu mata uang

18 komentar:

Ichsan D Kurnawan mengatakan...

Wow nice gan .. kunjungi juga yah Software akuntansi Terbaru Easy Accounting System

2BAGUS mengatakan...

nice visit dan coba jg yah software kami http://talagasoft.blogspot.com/
http://talagasoft.com

Unknown mengatakan...

Software Akuntansi online

Banyak usaha bisnis, banyak software/ aplikasi bisnis yang anda harus beli. Apakah anda merasa kurang menguntungkan dengan banyak nya LISENSI yang anda harus beli?

Anda tidak perlu khawatir

untuk itu kami menawarkan solusi untuk menjawab masalah tersebut salah satunya adalah dengan teknologi Cloud Computing, dengan teknologi ini memungkinkan perusahaan/pebsinis/ pelaku usaha UKM untuk tetap gesit dan lebih dinamis merespon perubahan bisnis.

Sumber: Software Akuntansi, Program Akuntansi, Aplikasi Akuntansi

http://apliklasicloud.blogspot.com/2014/05/dx-cloud-desktop.html

RAMA AKUNTING mengatakan...

Coba Software Kami yang sangat cocok untuk semua perusahaan.
http://www.raisyasoftware.com/

Unknown mengatakan...

nice.... hay sob sudah pernah pake aplikasi bagus ini loh http://www.georgeaccounting.com/ ini aplikasinya cocok buat segala perusahaan loh...

Waldi Syafei mengatakan...

Silahkan kunjungi halaman berikut: http://softwareakuntansigratis.com

Software akuntansi yg kami berikan memiliki Fitur :
* Purchase Orders
* Goods Receivable Notes
* Supplier Invoices/Credit Notes
* Payments
* Allocations
* Accounts Payable
* Items and Inventory
* Stock
* Manufacturing
* Sales Orders
* Customer Invoices/Credit Notes
* Deposits
* Allocations
* Accounts Receivable
* Dimensions
* General Ledger with Budget
* Languages
* Currencies
* Several Companies

Unknown mengatakan...

saya tambahin nih sis, Acumatica ERP Software
software akuntansi ini make sistem cloud, jadi kita bisa akses kapanpun dan dimanapun make browser dan koneksi internet. bahkan bisa akses dari mobile phone kita

Unknown mengatakan...

ada juga software akuntansi Mas software http://www.mas-software.com/ .
Software akuntansi terbaik dan terpercaya yang telah berdiri sejak 8 April 1984.

Unknown mengatakan...

disini ada Aplikasi Akuntansi Keuangan Sederhana terbaru

Aceng mengatakan...

ada juga Easy Accounting System www.easyambassador.com
Software akuntansi dengan fitur import-Export laporan via excel dengan multigudang, multi warehouse dan modul manufacture

Reyra Lerina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
SYAFRI mengatakan...

disini juga ada software akuntansi dan menejemen keuangan.
cek di http://kementeriankeuangan.com/ atau kunjungi Software Akuntansi

Manajemen TheCash mengatakan...

Terima kasih Infonya yg lengkap, apakah ada Aplikasi Akuntansi Termurah

Manajemen TheCash mengatakan...

Software Akuntansi dan Menjemen Keunagan.
Langsung aja coba Aplikasinya disini Software Akuntansi

Komputer Sains mengatakan...

Thanks sharingnya mba. Saran masukin jg Siscom Software Akuntansi.Cukup terkenal jg itu.

Unknown mengatakan...

selain mengetahui jenis jenisnya, mengetahui cara memilih software akuntansi keuangan yang benar juga sangatlah penting

Unknown mengatakan...

Artikel yang menarik gan. Mungkin boleh saya tambahkan sedikit info kini ada software lain yang sebaik dengan software-software diatas.

LIMAX Accounting Software sudah berkiprah selama lebih dari 15 tahun dan telah memiliki ratusan client dalam bidang usaha yang sangat bervariasi.
Program kami juga telah siap pakai dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan

Elsa Hash mengatakan...

Terima kasih atas penjelasaannya tentang aplikasi akuntasi

Posting Komentar